Sabtu, 11 April 2015

Makanan Khas Jepang Yang Terkenal

Makanan Khas Jepang - Selain budaya tradisional serta budaya popnya yang unik, Jepang juga terkenal atas dunia kulinernya. Banyak makanan khas Jepang yang telah mendunia. Negeri Sakura tersebut memang kaya akan sajian lezat dan unik. 

1. Ramen.

Ramen adalah makanan yang sangat terkenal di Jepang. Banyak restoran Jepang yang menyajikan ramen yang dilengkapi dengan miso dengan kecap dan kuah berbumbu ini yang dikombinasikan dengan topping daging dan sayuran agar sehat. Selain restoran ramen, di kebanyakan toko juga tersedia ramen kemasan pada cup yang bisa disantap dengan air panas yang juga disediakan. 
 

2.  Sushi.

Sushi mungkin merupakan makanan khas Jepang yang paling akrab di telinga kita. Sushi terdiri dari irisan tipis ikan mentah yang disajikan dengan nasi yang dicampur dengan cuka. Dalam beberapa jenis, ikan itu disajikan di atas nasi berbentuk kotak kecil-kecil, sedangkan jenis lain menghadirkan ikan atau masakan laut lain digulung di dalam nasi dengna rumput laut, lalu dipotong berbentuk melingkar. Ada juga sushi yang disajikan dengan sayuran dan telur. 

3. Onigiri.

Onigiri adalah makanan tradisional Jepang yang terkenal dijadikan isi lunch box dan banyak tersedia di toko-toko ketika Anda butuh makanan cepat. Onigiri terdiri dari gulungan nasi dengan potongan kecil ikan atau plum. Seluruhnya lalu dibungkus dengan rumput laut. Secara tradisional, onigiri dibentuk segitiga dan diisi dengan salmon atau tuna.

 

4. Donburi

Donburi adalah sebutan bangsa Jepang untuk semangkuk nasi. Salah satu versi populer donburi adalah “oyako-don” yang menghadirkan ayam yang dipadu dengan telur. Anda juga bisa mendapatkan sajian nasi yang dilengkapi dengan daging sapi dan bawang (gyudon) atau daging babi goreng.

5. Tempura.

Tempura terdiri dari seafood, sayuran dan jamur atau daging yang dilapisi dengan adonan dan digoreng. Makanan ini memiliki tekstur yang ringan atau renyah. Saat menyantapnya, tempura biasa dicocol di sebuah saus sebelum dimakan. Tempura pertama kali diperkenalkan ke Jepang oleh bangsa Portugis pada abad ke 16 dan kini menjadi salah satu makanan tradisional Jepang paling terkenal di dunia.

6. Bento.

Bento atau makanan kotak adalah sajian porsi tunggal tidak mahal yang disajikan dalam sebuah kotak. Bento baisanya berisi seporsi kecil daging, sayuran, ikan yang disajikan dengan nasi. Bento memiliki berbagai variasi dan dijual di restoran khusus, supermarket, toko kelontong, bahkan stasiun kereta api dan bandara.
 

7. Okonomiyaki. 

Okonomiyaki adalah makanan khas Jepang sejenis martabak dimana berbagai bahan seperti seafood, sayuran dan daging dicampur ke dalam sebuah adonan dan dipanggang.  Kini, di Indonesia pun, okonomiyaki sudah semakin marak dijual.
 

8. Daging Panggang. 

“Yaki” adalah kata dalam bahasa Jepang yang berarti panggang. Yakiniku adalah ayam panggang yang biasanya ditusuk sebelum ditusuk sate sebelum dipanggang. Sedangkan yakizakana adalah ikan panggang yang merupakan makanan rumahan populer di Jepang.
 

9. Nabe.

Nabe adalah sepanci daging dan sayuran yang direbus dalam kaldu. Beberapa toko menjual oden, yang merupakan nabe dengan kaldu berbasis saus kecap. Sukiyaki, shabu shabu dan chanko juga merupakan beberapa jenis nabe.
 

10. Chahan.

Chahan adalah hidangan nasi goreng yang disajikan dengan berbagai bahan masakan berbeda. Umumnya, chahan berisi nasi yang dicampur dengan bawang bombay dan telur yang digoreng dengan kecap. Namun, ada juga berbagai jenis paket chahan, seperti yang memiliki rasa udang atau salmon. 

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar